Realme C51

Harga HP Realme C51 Januari 2023

Realme C51 adalah salah satu smartphone entry-level yang dirilis oleh Realme pada akhir Agustus 2023. Smartphone ini menawarkan spesifikasi yang cukup menarik di kelasnya, seperti layar 90 Hz, kamera 50 MP, NFC, dan fast charging 33 watt. Bagaimana dengan harga HP Realme C51 di bulan Januari 2023? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga HP Realme C51

Berikut adalah tabel spesifikasi dan harga HP Realme C51 di Indonesia.

Layar LCD 6,7 inci, resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, brightness 560 nits, rasio layar ke bodi 90,3 persen
Dimensi dan bobot Ketebalan 7,99 mm, bobot 186 gram
Chipset Unisoc T612
RAM/storage 4 GB (+ virtual RAM 4 GB), 64/128 GB (+ microSD eksternal hingga 2 TB)
Kamera belakang Kamera utama 50 MP (f/1.8, AI), kamera makro 2 MP
Kamera depan 8 MP (f/2.0, AI)
Baterai 5.000 mAh, fast charging SuperVOOC 33 watt
Sistem operasi Android 13, antarmuka realme UI T Edition
Fitur pendukung Sensor sidik jari samping, audio jack 3,5 mm, NFC, dual-SIM, slot microSD, konektivitas 4G, WiFi, Bluetooth, USB Type-C
Warna Mint Green dan Carbon Black
Harga (Januari 2023) Rp 1.699.000 (4/64 GB), Rp 1.899.000 (4/128 GB)

Realme C51

Kelebihan dan Kekurangan HP Realme C51

HP Realme C51 memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi daya tarik bagi konsumen di segmen entry-level. Berikut adalah beberapa kelebihan dari smartphone ini:

  • Layar dengan refresh rate tinggi. Layar Realme C51 memiliki refresh rate 90 Hz yang membuat tampilan lebih halus dan responsif. Ini merupakan fitur yang jarang ditemukan di ponsel seharga Rp 1 jutaan.
  • Kamera dengan resolusi tinggi. Kamera utama Realme C51 memiliki resolusi 50 MP yang mampu menghasilkan foto dengan detail yang baik. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur AI yang bisa mengoptimalkan pengambilan gambar sesuai dengan kondisi cahaya dan objek.
  • NFC dan fast charging. Realme C51 merupakan salah satu ponsel murah yang sudah memiliki fitur NFC yang berguna untuk melakukan transaksi nirkabel seperti e-money atau e-wallet. Selain itu, ponsel ini juga mendukung fast charging SuperVOOC 33 watt yang bisa mengisi daya baterai dari 0-50 persen dalam waktu 28 menit.
  • Baterai besar dan virtual RAM. Realme C51 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang bisa bertahan seharian untuk penggunaan normal. Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur virtual RAM yang bisa mengekspansi RAM hingga 8 GB untuk meningkatkan performa multitasking.
  • Harga terjangkau. Realme C51 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.699.000 untuk varian RAM 4 GB dan storage 64 GB. Harga ini cukup terjangkau mengingat spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Namun, HP Realme C51 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa kekurangan dari smartphone ini:

  • Resolusi layar rendah. Meskipun memiliki refresh rate tinggi, layar Realme C51 hanya memiliki resolusi HD Plus yang kurang tajam dan detail. Ini bisa mengurangi pengalaman menonton video atau bermain game di ponsel ini.
  • Chipset kurang populer. Realme C51 menggunakan chipset Unisoc T612 yang belum banyak dikenal oleh konsumen. Chipset ini memiliki performa yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, tetapi kurang optimal untuk menjalankan game berat atau aplikasi multitasking yang banyak.
  • Kamera makro kurang berguna. Kamera makro Realme C51 hanya memiliki resolusi 2 MP yang kurang mampu menghasilkan foto dengan detail dan warna yang baik. Kamera ini juga memiliki jarak fokus yang terbatas sehingga sulit untuk mendapatkan foto makro yang bagus.
  • Antarmuka belum terbaru. Realme C51 masih menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka realme UI T Edition yang belum mendapatkan update ke versi terbaru. Ini bisa membuat ponsel ini ketinggalan fitur dan keamanan dari Android 14 atau realme UI 5.0.
  • Desain kurang menarik. Realme C51 memiliki desain yang cukup polos dan biasa saja untuk ponsel di tahun 2023. Ponsel ini memiliki bodi plastik dengan warna Mint Green dan Carbon Black yang kurang menonjol. Selain itu, ponsel ini juga memiliki notch berbentuk tetesan air di layarnya yang sudah mulai ketinggalan zaman.
Baca Juga  Harga HP OPPO A54 Terbaru Maret 2024

FAQ tentang HP Realme C51

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang HP Realme C51 beserta jawabannya:

  1. Apakah HP Realme C51 bisa digunakan untuk bermain game?
    Jawab: HP Realme C51 bisa digunakan untuk bermain game, tetapi tidak untuk game berat atau dengan grafis tinggi. Chipset Unisoc T612 yang digunakan oleh ponsel ini memiliki performa yang cukup baik untuk game ringan atau sedang, tetapi kurang optimal untuk game berat seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, atau Call of Duty Mobile. Selain itu, resolusi layar HD Plus juga kurang mendukung pengalaman bermain game di ponsel ini.
  2. Apakah HP Realme C51 sudah mendukung jaringan 5G?
    Jawab: HP Realme C51 belum mendukung jaringan 5G. Ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G, WiFi, Bluetooth, dan NFC. Jika Anda mencari ponsel murah yang sudah mendukung jaringan 5G, Anda bisa melirik produk lain dari Realme seperti Realme V11 5G atau Realme Narzo 30 5G.
  3. Apakah HP Realme C51 tahan air dan debu?
    Jawab: HP Realme C51 tidak tahan air dan debu. Ponsel ini tidak memiliki sertifikat IP (Ingress Protection) yang menunjukkan tingkat perlindungan terhadap air dan debu. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan ponsel ini di lingkungan yang basah atau berdebu.
  4. Apakah HP Realme C51 bisa dipasang tempered glass atau screen protector?
    Jawab: HP Realme C51 bisa dipasang tempered glass atau screen protector untuk melindungi layarnya dari goresan atau kerusakan. Namun, Anda harus memilih tempered glass atau screen protector yang sesuai dengan ukuran dan bentuk layar ponsel ini. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tempered glass atau screen protector tidak mengganggu fungsi sensor atau kamera depan ponsel ini.
  5. Apakah HP Realme C51 bisa di-root atau di-unlock bootloader?
    Jawab: HP Realme C51 bisa di-root atau di-unlock bootloader, tetapi tidak disarankan untuk dilakukan. Rooting atau

About Admin

Admin adalah seorang writer, content kreator, dan reviewer. Teknologi, gadget, komputer dan wirasusaha adalah yang paling menonjol dari admin. Selain aktif sebagai penulis, blogger juga mengelola berbagai channel youtube. About Me