OPPO A55

Harga Hp OPPO A55 Termurah Maret 2024

Smartphone Murah dengan Fitur Kekinian dan Kamera Bagus salah satunya adalah OPPO A55 smartphone terbaru dari OPPO yang ditujukan untuk pasar entry-level. Dengan harga sekitar Rp 2 jutaan, OPPO A55 menawarkan fitur-fitur kekinian seperti layar besar 6,5 inci dengan notch berbentuk tetesan air, kamera belakang 50MP dengan AI Scene Enhancement, baterai 5000mAh dengan fast charging 18W, dan sensor sidik jari di samping.

Namun, apakah OPPO A55 hanya mengandalkan fitur-fitur tersebut untuk bersaing di segmen harga yang ketat? Ataukah ada hal-hal lain yang membuat smartphone ini layak dipilih? Berikut ini kami akan membahas ulasan lengkap dari OPPO A55.

Spesifikasi

Desain

OPPO A55 memiliki desain yang simpel namun elegan. Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik dengan finishing glossy yang menyerupai kaca. Ada tiga pilihan warna yang tersedia: Starry Black, Glowing Pearl, dan Rainbow Blue. Kami mendapatkan unit warna Starry Black yang terlihat hitam pekat dengan sedikit kilauan jika terkena cahaya.

Di bagian belakang ponsel, terdapat modul kamera persegi panjang dengan tiga lensa dan flash LED. Di bawahnya, ada logo OPPO yang cukup mencolok. Permukaan belakang ponsel terasa licin dan mudah terkena sidik jari, sehingga disarankan untuk menggunakan casing pelindung yang sudah disediakan di dalam kotak penjualan.

Di sisi kanan ponsel, ada tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari. Sensor ini cukup responsif dan akurat dalam membaca sidik jari. Di atasnya, ada slot kartu SIM dan microSD. Di sisi kiri, ada tombol volume. Di bagian atas, tidak ada apa-apa. Di bagian bawah, ada port USB-C, port audio jack 3,5mm, lubang mikrofon, dan lubang speaker.

OPPO A55 memiliki dimensi 163,9 x 75,7 x 8,4 mm dan berat 193 gram. Ponsel ini cukup nyaman digenggam dengan satu atau dua tangan. Namun, jika Anda memiliki tangan kecil, Anda mungkin perlu menggeser posisi ponsel untuk mencapai sudut layar.

Layar

Layar OPPO A55 berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dan rasio aspek 20:9. Layar ini menggunakan panel IPS LCD dengan notch berbentuk tetesan air untuk menempatkan kamera depan. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 untuk mencegah goresan.

Layar OPPO A55 menawarkan pengalaman visual yang cukup baik untuk menonton video, bermain game, atau menjelajah internet. Warna-warnanya terlihat cerah dan natural, sudut pandangnya luas, dan tingkat kecerahan maksimalnya mencapai 480 nits. Layar ini juga mendukung mode mata lelah untuk mengurangi cahaya biru yang bisa menyebabkan ketegangan pada mata.

Namun, layar ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Pertama,

layar ini tidak mendukung refresh rate tinggi,

sehingga animasi dan transisi terlihat kurang halus dan responsif.

Kedua,

layar ini tidak mendukung HDR10 atau Widevine L1,

sehingga Anda tidak bisa menonton konten HDR atau HD dari Netflix atau Amazon Prime Video.

Ketiga,layar ini masih menggunakan resolusi HD+ yang kurang tajam jika dibandingkan dengan layar FHD+.OPPO A55

Spesifikasi OPPO A55
Layar IPS LCD, 6.51 inci, 720 x 1600 piksel
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB atau 6 GB
Storage 64 GB atau 128 GB
Kamera Belakang 50 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan 16 MP
Baterai 5000 mAh, pengisian cepat 18W
OS Android 11, ColorOS 11.1
Harga Rp 2.799.000 (4/64 GB) atau Rp 3.199.000 (6/128 GB)

 

Kamera

OPPO A55 didukung tiga kamera belakang.

Baca Juga  Daftar Harga Hp Infinix di BEC Bandung Maret 2024

kamera utama 50MP (f/1.8),

kamera makro 2MP (f/2.4),

depth sensor 2MP (f/2.4).

 

Di bagian depannya ada kamera dengan kemampuan 8MP (f/2.0).

 

Kamera utama

OPPO A55 bisa memotret dengan baik di kondisi cahaya terang.

Hasil fotonya pun cukup memuaskan dengan warna yang cerah dan natural,

detail dan ketajaman gambar yang terjaga,

dan dynamic range yang cukup baik.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur AI Scene Enhancement yang bisa mengenali hingga

22 jenis adegan dan menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis. Di kondisi cahaya rendah atau malam hari,kualitas kamera utama menurun cukup drastis.Gambar menjadi lebih gelap,buram,dan penuh noise. Meskipun ada mode malam yang bisa membantu meningkatkan eksposur dan warna gambar,hasilnya masih kurang memuaskan.

 

Kamera makro

OPPO A55 bisa digunakan untuk memotret objek-objek kecil dari jarak dekat (sekitar 4 cm).kualitas gambarnya sangat rendah dengan detail yang hilang dan warna yang pudar.Kamera ini juga sulit untuk fokus dan stabil.

 

Kamera depth sensor

OPPO A55 berfungsi untuk menghasilkan efek bokeh atau latar belakang yang kabur pada mode potret.Efek ini bisa membuat subjek foto lebih menonjol dan artistik.Namun,kamera ini juga tidak bisa bekerja dengan baik di kondisi cahaya rendah atau jika subjek foto memiliki rambut atau benda-benda yang rumit.Kamera depan OPPO A55 bisa digunakan untuk selfie atau video call dengan hasil yang cukup baik di kondisi cahaya terang.

Wajah Anda akan terlihat jelas dan natural tanpa terlalu banyak diproses oleh perangkat lunak.di kondisi cahaya rendah atau jika ada cahaya latar yang kuat,kualitas gambarnya akan menurun dengan warna yang pudar dan detail yang hilang.OPPO A55 bisa merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) dengan frame rate maksimal 30 fpsmenggunakan kamera belakang atau depannya.

Kualitas videonya cukup baik untuk keperluan sehari-hari dengan warna yang cerah dan suara yang jelas.ponsel ini tidak memiliki fitur stabilisasi gambar (EIS),sehingga Anda perlu menggenggam ponsel dengan kuat agar video tidak goyang atau bergeser.

 

Performa

OPPO A55 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G35 yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 12nm.Prosesor ini memiliki delapan inti CPU (4x Cortex-A53 @2.3GHz + 4x Cortex-A53 @1.8GHz) dan GPU PowerVR GE8320.

Prosesor ini juga mendukung konektivitas 4G LTE dual SIM dual standby (DSDS),sehingga Anda bisa menggunakan dua kartu SIM 4G secara bersamaan.OPPO A55 tersedia dalam satu varian memori  RAM 4GB + ROM64GB.Memori internalnya menggunakan teknologi eMMC5. 1yang lebih lambat dari UFS.

Anda juga bisa menambahkan kartu microSD hingga 256GB untuk menyimpan lebih banyak file atau aplikasi.Untuk menjalankan antarmuka pengguna,OPPO A55 menggunakan sistem operasi Android 11 dengan lapisan ColorOS 11.1 di atasnya.ColorOS 11.1 menawarkan banyak fitur dan personalisasi yang bisa Anda sesuaikan sesuai selera Anda.Namun,ColorOS11.1 juga memiliki beberapa kekurangan, seperti adanya bloatware,notifikasi yang mengganggu,dan iklan di beberapa aplikasi bawaan.

Performa OPPO A55 cukup baik untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sehari-hari seperti browsing, sosial media,atau streaming video.Ponsel ini juga bisa menjalankan game-game ringan seperti Candy Crush Saga,Subway Surfers,atau Temple Run 2 tanpa lag atau stuttering.jika Anda ingin menjalankan game-game berat seperti PUBG Mobile,Call of Duty Mobile,atau Genshin Impact.

 

 

About Admin

Admin adalah seorang writer, content kreator, dan reviewer. Teknologi, gadget, komputer dan wirasusaha adalah yang paling menonjol dari admin. Selain aktif sebagai penulis, blogger juga mengelola berbagai channel youtube. About Me