infinix Note 12

Harga Hp infinix Note 12 Terbaru Maret 2024

Salah satu keunggulan utama dari Infinix Note 12 adalah layarnya yang menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+ (1080 x 2460 piksel). Layar ini mampu menghasilkan tampilan yang jernih, tajam, dan cerah dengan tingkat kecerahan hingga 480 nits. Layar ini juga mendukung color gamut DCI-P3 100% yang artinya bisa menampilkan warna-warna yang lebih akurat dan kaya.

Berikut Spesifikasi dan Fitur Infinix Note 12

Layar AMOLED dengan resolusi FHD+ adalah teknologi layar yang digunakan pada banyak perangkat elektronik, terutama smartphone. Layar ini mampu menghasilkan tampilan yang lebih cerah, detail, dan akurat dengan konsumsi daya yang lebih hemat. Berikut ini kami akan membahas ulasan tentang layar AMOLED dengan resolusi FHD+ dengan lengkap dan pakai bahasa yang menarik untuk dibaca.

 

Pengertian Layar AMOLED dan Cara Kerja

Layar AMOLED

Singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Layar ini menggunakan bahan organik panel OLED dan dibentuk dari diode yang organik. Teknologi OLED sendiri merupakan layar berpanel khusus dengan kandungan elemen organik yang akan memancarkan cahaya ketika dialiri listrik.

 

Layar AMOLED terdiri dari empat lapisan, yaitu Anode Layer, Middle Organic Layer, Cathode Layer, dan Circuitry. Anode Layer adalah lapisan yang berfungsi sebagai penghantar listrik positif. Middle Organic Layer adalah lapisan yang berisi bahan organik yang akan memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Cathode Layer adalah lapisan yang berfungsi sebagai penghantar listrik negatif. Circuitry adalah lapisan yang berisi rangkaian elektronik untuk mengontrol aliran listrik dan warna cahaya.

Cara Kerja

Cara kerja layar AMOLED adalah sebagai berikut. Ketika listrik mengalir dari Anode Layer ke Cathode Layer melalui Middle Organic Layer, bahan organik di lapisan tengah akan memancarkan cahaya dengan warna tertentu sesuai dengan jenisnya. Cahaya ini kemudian akan ditampilkan di layar sebagai gambar.

 

Layar AMOLED dengan Resolusi FHD+

Layar AMOLED dengan resolusi FHD+ adalah layar AMOLED yang memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel atau setara dengan Full High Definition (FHD). Resolusi ini artinya layar memiliki 1080 piksel secara vertikal dan 1920 piksel secara horizontal. Resolusi ini bisa menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam daripada resolusi yang lebih rendah.

Kelebihan Layar AMOLED dengan resolusi FHD+

 

  • Warna lebih cerah. Layar AMOLED bisa menghasilkan warna-warna yang lebih cerah dan kontras karena setiap pikselnya bisa menyala atau mati secara independen tanpa perlu backlight. Hal ini juga membuat warna hitam menjadi lebih pekat dan gelap karena pikselnya benar-benar mati.

 

  • Sudut pandang yang luas. Layar AMOLED bisa menampilkan gambar dengan sudut pandang yang luas hingga 180 derajat tanpa mengurangi kualitas warna atau kecerahan. Hal ini karena cahaya langsung dipancarkan dari pikselnya tanpa perlu melewati lapisan lain.

 

  • Konsumsi daya lebih hemat. Layar AMOLED bisa menghemat konsumsi daya karena tidak membutuhkan backlight untuk menyinari layar. Selain itu, layar ini juga bisa menyesuaikan kecerahan cahaya sesuai dengan kondisi lingkungan sehingga tidak perlu menyala terlalu terang atau redup.

 

  • Mendukung resolusi dan refresh rate tinggi. Layar AMOLED bisa mendukung resolusi dan refresh rate yang tinggi karena memiliki response time yang singkat. Response time adalah waktu yang dibutuhkan oleh piksel untuk berubah warna dari hitam ke putih atau sebaliknya. Semakin singkat response time, semakin cepat gambar berubah dan semakin halus transisinya.

 

  • Memiliki response time yang singkat. Layar AMOLED memiliki response time yang singkat yaitu sekitar 0,01 milidetik. Hal ini membuat gambar menjadi lebih responsif dan tidak ada efek blur atau ghosting saat menampilkan gambar bergerak cepat seperti video atau game.

 

  • Lebih tipis dan fleksibel. Layar AMOLED lebih tipis dan fleksibel daripada layar LCD karena tidak membutuhkan backlight atau lapisan tambahan lainnya. Hal ini membuat layar ini bisa dibuat dalam bentuk melengkung atau lipat sesuai dengan desain perangkatnya.infinix Note 12

 

tabel yang berisi spesifikasi lengkap dari dua varian Infinix Note 12, yaitu varian 4G dan varian 5G:

Spesifikasi Infinix Note 12 Varian 4G Infinix Note 12 Varian 5G
Jaringan GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE / 5G
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi 164.4 x 76.7 x 7.9 mm 164.7 x 76.9 x 8 mm
Berat 184.5 g 186 g
Bahan Glass front, plastic frame, plastic back Glass front, plastic frame, plastic back
Layar AMOLED, 1000 nits (peak), 6.7 inci, 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio, ~393 ppi density, Corning Gorilla Glass 3 AMOLED, 6.7 inci, 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio, ~393 ppi density, Corning Gorilla Glass 3
OS Android 11, XOS 10.6 Android 12, XOS 10.6
Chipset Mediatek Helio G88 (12nm) Mediatek MT6833P Dimensity 810 (6 nm)
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2 Mali-G57 MC2
RAM 4 GB / 6 GB 6 GB
ROM 64 GB / 128 GB 64 GB
Slot microSD Ya (dedicated slot) Ya (dedicated slot)
Kamera belakang Triple, 50 MP (f/1.6, wide), PDAF + 2 MP (f/2.4, depth) + QVGA, Quad-LED flash, HDR, panorama, video 1440p@30fps Triple, 50 MP (f/1.6, wide), PDAF + 2 MP (f/2.4, depth) + QVGA, Quad-LED flash, HDR, panorama, video 1440p@30fps
Kamera depan Single, 16 MP (f/2.0, wide), Dual-LED flash, video 1080p@30fps Single, 16 MP (f/2.0, wide), Dual-LED flash, video 1440p@30fps
Loudspeaker Ya, with dual speakers Ya, with dual speakers
Jack audio Ya, 3.5 mm Ya, 3.5 mm
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth Ya Ya
GPS Ya
  • Lebih cepat rusak. Layar AMOLED lebih rentan rusak daripada layar LCD karena bahan organiknya mudah teroksidasi oleh udara atau cairan. Hal ini bisa menyebabkan masalah seperti burn-in, dead pixel, atau color shift.
Baca Juga  Harga HP OPPO A55 Terbaru Maret 2024

 

  • Warna yang dilahirkan terlalu berlebihan. Layar AMOLED bisa menghasilkan warna-warna yang terlalu berlebihan atau oversaturated sehingga tidak sesuai dengan warna aslinya. Hal ini bisa mengganggu bagi beberapa orang yang menginginkan warna-warna yang lebih natural atau akurat.

 

  • Harga relatif lebih mahal. Layar AMOLED relatif lebih mahal daripada layar LCD karena proses pembuatannya lebih rumit dan membutuhkan bahan-bahan yang lebih mahal juga. Hal ini membuat perangkat-perangkat yang menggunakan layar ini menjadi lebih mahal pula.

 

Layar AMOLED dengan resolusi FHD+ adalah teknologi layar yang menawarkan tampilan yang lebih cerah, detail, dan akurat dengan konsumsi daya yang lebih hemat. Layar ini menggunakan bahan organik panel OLED dan dibentuk dari diode yang organik untuk memancarkan cahaya ketika dialiri listrik.

 

Jika Anda ingin memiliki perangkat-perangkat elektronik dengan tampilan layar yang berkualitas tinggi, maka layar AMOLED dengan resolusi FHD+ bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Layar Infinix Note 12 memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 6,7 inci dengan rasio aspek 20:9. Layar ini juga memiliki desain punch-hole di bagian tengah atas untuk menempatkan kamera depan. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 untuk mencegah goresan dan kerusakan.

 

Dengan layar AMOLED dan resolusi FHD+, Infinix Note 12 bisa memberikan pengalaman menonton video, bermain game, atau browsing yang lebih menyenangkan. Anda bisa menikmati gambar-gambar yang lebih hidup dan detail di layar yang luas dan berkualitas.

Fitur Lain

Storage Besar hingga 256 GB

Salah satu hal yang jarang ditemukan di smartphone kelas menengah adalah storage atau penyimpanan internal yang besar. Biasanya, smartphone di kisaran harga ini hanya memiliki storage sebesar 64 GB atau 128 GB. Namun, Infinix Note 12 hadir dengan dua opsi storage yaitu 128 GB dan 256 GB.

 

Storage besar ini tentu saja sangat bermanfaat untuk menyimpan berbagai file, foto, video, aplikasi, game, atau dokumen tanpa khawatir kehabisan ruang. Anda juga bisa memperluas kapasitas storage dengan menggunakan kartu microSD hingga 1 TB.

 

Selain storage besar, Infinix Note 12 juga memiliki RAM berkapasitas besar yaitu 8 GB. RAM ini bisa membantu proses multitasking menjadi lebih lancar dan tidak mudah lag. Anda bisa membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa khawatir ponsel menjadi lemot atau hang.

 

Bahkan, Anda bisa meningkatkan kapasitas RAM hingga 13 GB dengan fitur Extended RAM yang memanfaatkan ruang kosong dari penyimpanan internal sebagai tambahan RAM. Dengan fitur ini, Anda bisa menjalankan hingga 20 aplikasi di latar belakang tanpa mengganggu kinerja ponsel.

 

Dengan storage besar dan RAM besar, Infinix Note 12 bisa memberikan performa yang optimal untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Anda tidak perlu menghapus file-file penting atau menghentikan aplikasi-aplikasi favorit Anda karena keterbatasan ruang.

 

Smartphone dengan Chipset Helio G96 dan Kamera Belakang 50 MP

Selain layar dan storage, Infinix Note 12 juga memiliki spesifikasi lain yang tidak kalah menarik. Smartphone ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G96 yang merupakan prosesor kelas menengah dengan performa yang cukup kuat. Chipset ini memiliki delapan inti CPU dengan kecepatan maksimal hingga 2 GHz dan GPU Mali-G57 MC2 yang mampu mengolah grafis dengan baik.

Baca Juga  Daftar Harga Hp Realme GT5 di Andalas Cellular Balikpapan 2023

 

Chipset Helio G96

Mendukung konektivitas 4G LTE yang cepat dan stabil. Chipset ini juga memiliki teknologi HyperEngine Game Technology yang bisa meningkatkan pengalaman gaming dengan optimasi jaringan, daya baterai, suhu ponsel, dan kualitas grafis.infinix Note 12

Kamera

Infinix Note 12 juga dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi tinggi yaitu 50 MP dengan aperture f/1.8 yang bisa mengambil gambar dengan detail dan warna yang baik. Kamera belakang ini juga didampingi oleh dua kamera lainnya yaitu kamera makro 2 MP dan kamera depth sensor 2 MP untuk efek bokeh. Selain itu, ada juga quad-LED flash untuk membantu pencahayaan di kondisi gelap.

 

Infinix Note 12 juga memiliki kamera depan beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 untuk kebutuhan selfie. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pencahayaan di kondisi gelap. Kamera depan ini juga mendukung fitur HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah dan kontras.

 

Dengan chipset Helio G96 dan kamera belakang 50 MP, Infinix Note 12 bisa memberikan performa yang cukup baik untuk gaming dan fotografi. Anda bisa menjalankan berbagai game populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan lain-lain dengan lancar dan tanpa lag. Anda juga bisa mengabadikan momen penting Anda dengan kualitas gambar yang bagus.

Infinix Note 12 adalah smartphone kelas menengah yang memiliki spesifikasi dan fitur yang menarik. Smartphone ini memiliki layar AMOLED dengan resolusi FHD+, storage besar hingga 256 GB, chipset Helio G96, RAM besar hingga Extended RAM, kamera belakang 50 MP, dan baterai 5000 mAh.

 

Namun, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti tidak adanya refresh rate tinggi di layarnya, tidak adanya kamera ultrawide di belakangnya, tidak adanya NFC, dan tidak adanya dukungan konektivitas 5G. Jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan hal-hal tersebut, maka Infinix Note 12 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

About Admin

Admin adalah seorang writer, content kreator, dan reviewer. Teknologi, gadget, komputer dan wirasusaha adalah yang paling menonjol dari admin. Selain aktif sebagai penulis, blogger juga mengelola berbagai channel youtube. About Me